sepeti terbitnya matahari yang membawa kehidupan, kami adalah para profesional dari berbagai disiplin ilmu yang selalu siap membantuanda dengan dedikasi tinggi dan membawa kehormatan atas segala kepercayaan yang anda berikan

06 Agustus 2008

PEMBERLAKUAN SKB 5 MENTERI DIUNDUR

.
Surat Keputusan Bersama (SKB) lima menteri yang seharusnya mulai diberlakukan 31 Juli akhirnya diundur dua minggu dikarenakan proses sosialisasi PLN di daerah belum selesai. Hal itu seperti pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani beberapa waktu lalu. Ketika itu, Menkeu menegaskan pemberlakuan SKB pindah hari kerja mundur hingga dua minggu dari jadwal semula yang seharusnya mulai 31 Juli

Namun kenyataanya Program pengalihan hari kerja ke Sabtu dan Minggu untuk wilayah Jawa dan Bali diam-diam telah berjalan. Setidaknya, sebanyak 100 perusahaan di Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Provinsi Bali. sejak Kamis (31/7) mulai libur dan mulai mengatur produksi pada akhir pekan ini.

Jumlah perusahaan yang wajib mengalihkan hari kerja itu kurang dari separuh dari total jumlah pelanggan PLN, yang mencapai 6.856 perusahaan. Direktur pembangkit listrik Jawa, Bali dan Madura, Murtaqi menambahkan, saat ini masih ada sekitar 1.552 perusahaan yang belum sepakat dengan program ini.

Untuk mendukung pelaksanaan SKB lima menteri ini akan diikuti penerbitan surat keputusan bersama dua menteri, yaitu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan Menteri Perdagangan.

Meskipun begitu, tidak sedikit pula pengusaha yang menilai program ini masih menyimpan ganjalan, antara lain soal upah lembur. Pengusaha masih menginginkan sikap tegas pemerintah soal upah lembur untuk pekerja yang beralih hari kerja.


*****************

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Selamat Pagi Pak..
saya Ovang karyawan salah satu perusahaan swasta yang ada disurabaya. kalau boleh saya minta content dari SK Gubernur Jatim Nomor 188/403/KPTS/013/2008 tertanggal 19 November 2008 karena perusahaan tempat saya bekerja memerlukan isi dari SK tersebut untuk digunakan sebagai referensi kenaikan UMK per tanggal 1 Januari 2009 nanti.
terima kasih.

Mengenai Saya

surabaya, jawa timur, Indonesia
Bisnis kami membantuanda menyediakan KARYAWAN/BURUH PERUSAHAAN, SATPAM TERLATIH, dan memberi presentasi serta solusi terhadap masalah PERBURUHAN dan PENGELOLAAN ADMINISTRASI PERPAJAKAN di perusahaan anda.